Rabu, 13 Januari 2010

MINI SURVEY KEGIATAN DI HOTEL SAHID RAYA YOGYAKARTA

Sahid Ngedangdut Abis!!!!!

Ringkasan Mini Survey

Lembaga yang disurvey : Hotel Sahid Raya Yogyakarta

Lokasi Survey : Jl. Babarsari, Yogyakarta INDONESIA 55281
Waktu Mini Survey :

- Hari dan tanggal : Selasa, 24 Maret 2009

- Waktu : 09.00 - 09.30 WIB

Pemberi Informasi : Setyowati (Public Relations Hotel Sahid Raya Yogyakarta)

Profil Hotel Sahid Raya Yogyakarta

Jl. Babarsari, Yogyakarta INDONESIA 55281
t
elp: +62-274-488-888 fax: +62-274-487-688

No.

Karakteristik

1980

2009

1.

Pemasaran

Local

Internasional

2.

Operasional

Solo

Yogyakarta, Jakarta, Manado, Palembang, Lampung, Pekan Baru, Medan, Macasar, Toraja, Manado

3.

Pelayanan

Penginapan

Meeting room, restoran, pool, cafe, kolam renang, billiard, tennis meja, catur, lintasan jogging, lintasan sepeda, bar, pool terrace, baron laounge.

Analisis SWOT Hotel Sahid Raya Yogyakarta

Perusahaan

Strength

Weakness

Opportunity

Threat

Hotel Sahid Raya Yogyakarta

- Memiliki dua tipe penginapan, yaitu cottage (berbentuk rumah mini yang dikelilingi oleh flora dan fauna) dan appartement atau building.

- keadaan hotel yang nyaman karena dipenuhi dengan flora dan fauna.

- hotel dekat dengan airport dan dekat dengan pusat perbelanjaan modern terbesar

- lokasi hotel jauh dari tempat wisata, misal malioboro, alun-alun, taman sari, keraton, dll.

- tidak ada angkutan umum yang menjangkau ke lokasi hotel.

- tidak hanya untuk tempat menginap, tetapi tersedia beberapa fasilitas lain, yaitu : restoran, meeting room, cafe, kolam renang, billiard, tennis meja, catur, lintasan jogging, lintasan sepeda, bar, pool terrace, baron laounge.

-para competitor atau hotel lain dapat mencuri target market melalui promosi tetapi bisa dicontek oleh hotel lain.

Deskripsi Kegiatan

Sahid Ngedangdut Abis!!!!!

A. Latar Belakang Kegiatan

Saat ini musik dangdut dianggap musik untuk kelas bawah atau musik kampungan. Musik Dangdut adalah salah satu musik khas Indonesia karena hanya bangsa Indonesia yang memiliki musik khas melayu ini. Kalangan kelas menengah ke atas kadang merasa malu untuk menikmati musik dangdut, sehingga musik dangdut mulai terpinggirkan oleh musik-musik lain.

B. Judul Kegiatan

Sahid Ngedangdut Abis!!!!!

C. Lokasi Kegiatan

Pool Terrace Hotel Sahid Raya Yogyakarta Jalan Babarsari, Yogyakarta, Indonesia

D. Waktu Kegaiatan

- Hari dan tanggal : Senin, 2 Maret 2009

- Waktu : 20.00 – 24.00 WIB

E. Jenis Kegiatan

Promosi musik dangdut kepada tamu hotel

F. Alasan dan tujuan kegiatan :

1. untuk mengangkat lokalitas yang selama ini dinilai kampungan menjadi memiliki nilai lebih.

2. dapat mengubah image, baik pada dangdut atau hotel sendiri.

3. sebagai wadah atau ajang cultural exchange yang patut dicontoh.

G. Target Kegiatan

Pecinta dangdut di atas usia 17 tahun

H. Jumlah Penonton : 400 orang

I. Pengisi Acara

Arreal Tilghman, asal Cambridge, Maryland penyanyi dangdut kewarganegaraan AS pertama dan merupakan jawara pada audisi Dangdut in America yang diselenggarakan NSR Production, di Philadelphia, awal tahun 2008.

J. Sponsor

PT. Djarum Tbk.

K. Pengkomunikasian kegiatan untuk target sasaran melalui media based, yaitu :

1. Media elektronik audiovisual : Jogja TV,

2. Media elektronik visual : GSD FM dan MBS FM,

3. Media cetak : Harian Jogja, Kedaulatan Rakyat, Bernas, Solo Pos.

Tahapan sesuai PR Standard

1. Fact Finding atau research

Kegiatan untuk mendefinisikan masalah PR Hotel Sahid Raya Yogyakarta dan untuk memperoleh gambaran yang obyektif tentang Hotel Sahid Raya Yogyakarta sehingga dapat menemukan fakta-fakta, opini, informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Hotel Sahid Raya Yogyakarta yang dapat mempengaruhi eksistensi Hotel Sahid Raya Yogyakarta.

Fact Finding yang dilakukan PR Hotel Sahid Raya Yogyakarta adalah dengan cara :

a. Saat akan check out, semua tamu yang menginap di Hotel Sahid Raya Yogyakarta harus mengisi check point yang di dalamnya terdapat beberapa kuesioner dengan pilihan jawaban tertutup jumlahnya 10 pertnyaan sedangkan untuk pertanyaan terbuka ada 3,

b. Setelah satu minggu semua check point dikumpulkan dan dihitung atau disimpulkan oleh PR Hotel Sahid Raya Yogyakarta,

c. Lalu, dibahas dalam rapat mingguan untuk mendapatkan keputusan tentang program apa yang harus dilakukan.

d. Dan hasilnya dari analisis check point adalah kurangnya hiburan di dalam Hotel yang mengandung unsure tradisional.

2. Planning

Planning merupakan kegiatan yang menghasilkan rencana. Planning dimulai dengan bantuan realistik dari organisasi yang secara jelas memberi gambaran dan menentukan tujuan, strategi dan taktik.

Perencanaan yang dibahas dalam rapat mingguan tersebut meliputi :

a. tindakan apa yang harus dilakukan?

b. apakah sebabnya tindakan itu harus dilakukan?

c. siapa yang melaksanakan tindakan itu?

d. di mana tindakan tersebut dilaksanakan?

e. kapan tindakan dilaksanakan?

f. bagaimana cara melaksanakan tindakan itu?

Perencanan yang dibahas menghasilkan suatu kegiatan yaitu:

a. Menampilkan dan mempromosikan hiburan musik dangdut dengan tema “ Sahid Ndgedangdut Abis ”.

b. Alasan tindakan tersebut diambil, karena :

1). Untuk memberikan hiburan musik tradisonal khas Indonesia pada para tamu hotel.

2). untuk mengangkat musik lokalitas yang selama ini dinilai kampungan menjadi memiliki nilai lebih.

3). dapat mengubah image, baik pada musik dangdut atau hotel Sahid Raya Yogyakarta.

4). sebagai wadah atau ajang cultural exchange yang patut dicontoh.

c. Yang melaksanakan kegiatan tersebut adalah : Setyowati (PR Hotel Sahid Raya Yogyakarta ) sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan tersebut dan membentuk panitia acara Sahid Ngedangdut Abis

d. Lokasi Kegiatan : Pool Terrace, Hotel Sahid Raya Yogyakarta

e. Waktu Kegiatan : Senin, 2 Maret 2009, pukul 20.00 – 24.00 WIB

f. Cara melakukan kegiatan tersebut :

a. membuat proposal Sahid Ngedangdut Abis

b. mengajukan proposal Sahid Ngedangdut Abis pada sponsor yaitu PT. Djarum Tbk.

c. mengadakan negosiasi dengan pihak PT. Djarum Tbk.

d. mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk acara Sahid Ngedangdut Abis dengan bantuan dari beberapa orang.

3. Action and Communication

Pengkomunikasian kegiatan untuk target sasaran melalui media based, yaitu :

a. Media elektronik audiovisual : Jogja TV,

b. Media elektronik visual : GSD FM dan MBS FM,

  1. Media cetak : Harian Jogja, Kedaulatan Rakyat, Bernas, Solo Pos.

Action Ngedangdut Abis!!!!:

a. Hari dan tanggal : Senin, 2 Maret 2009

b. Waktu : 20.00 – 24.00 WIB

c. Jumlah Penonton : 400 orang yang umurnya 17 tahun ke atas

d. Pengisi Acara : Arreal Tilghman, asal Cambridge, Maryland penyanyi dangdut kewarganegaraan AS pertama dan merupakan jawara pada audisi Dangdut in America yang diselenggarakan NSR Production, di Philadelphia, awal tahun 2008.

e. Jumlah Lagu yang dinyayikan : 14 lagu yang enam di antaranya diambil dari album perdana Arreal Tilghman, yaitu Puzzle of Love, I Love You, Sejak Kehadiranmu, You're the onlu one, dan You. Sedangkan 8 lagu lainnya adalah lagu-lagu dangdut yang populer di Indonesia, seperti Sahara dan Penasaran yang dipopulerkan Rhoma Irama.

4. Evaluation

Evaluasi bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan yang sudah dilaksakan, berapa banyak hasil yang dapat dicapai dan di mana hambatan-hambatan yang ada.

Pengukuran Hasil kuantitatif Kegiatan :

  1. frekuensi pemberitaan tentang Sahid Ngedangdut Abis di media massa meningkat, yaitu di harian jogja, kedaulatan rakyat, bernas, GSD FM, MBS FM, dan Jogja TV.
  2. Jumlah Komplain tentang kurangnya hiburan musik di hotel oleh tamu hotel semakin menurun, diketahui melalui analisis check point minggu berikutnya.
  3. Target penonton sesuai dengan perencanaan yaitu berjumlah 400 orang.

Output dan Outcome Kegiatan

Input

Output

Outcome

Acara Sahid Ngedangdut Abis!!!!! yang diselenggarakan oleh Hotel Sahid Raya Yogyakarta.

a. frekuensi pemberitaan tentang Sahid Ngedangdut Abis di media massa meningkat, yaitu di harian jogja, kedaulatan rakyat, bernas, GSD FM, MBS FM, dan Jogja TV.

b. Jumlah Komplain tentang kurangnya hiburan musik di hotel oleh tamu hotel semakin menurun, diketahui melalui analisis check point minggu berikutnya.

c. Target penonton sesuai dengan perencanaan yaitu berjumlah 400 orang.

  1. Nama Hotel Sahid Raya semakin dikenal masyarakat,

  1. Mendapatkan image positif karena telah melestarikan musik dangdut,

  1. Semakin banyak tamu hotel.

Daftar Periksa (checklist) kegiatan PR Lembaga

Nama Perusahaan/Lembaga : Hotel Sahid Raya Yogyakarta

Alamat Perusahaan/Lembaga : Jl. Babarsari, Sleman Yogyakarta Indonesia

Jenis/ Kategori Lembaga : bisnis

Profil Lembaga dan Analisis SWOT : Ada

Nama Kegiatan / Unit Analisis : Sahid Ngedangdut Abis!!!!!

Waktu/periode kegiatan : Senin, 2 maret 2009 pukul 20.00 - 24.00 WIB

No.

Komponen Daftar Checklist

Ada/tidak

Sumber Informasi

Ada

Tidak

Primer

Sekunder

A.

LATAR BELAKANG



B.

PELAKSANA


C.

TUJUAN KEGIATAN



D.

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN


E.

PESERTA KEGIATAN


F.

URAIAN RINCI KEGIATAN



1. Perencanaan/proposal




2. Pelaksanaan




3.Monitoring/pengendalian kegiatan




4. hasil kegiatan



5. evaluasi



6. pembuatan laporan




G.

ANGGARAN KEGIATAN




H.

OUTPUT DAN OUTCOME


Tidak ada komentar:

Posting Komentar