Rabu, 13 Januari 2010

3 Hari yang tidak akan terlupakan

Ketika akan pulang dari kuliah, saya menemukan beberapa selebaran informasi di atas sepeda motor saya, ternyata selebaran itu merupakan selebaran tentang informasi program magang kerja yang diadakan di Cristal Indonesia Manajeman. Program magang kerja ini memberikan kepada setiap peserta yang mengikuti kuliah magang kerja selama 3 hari dan setelah itu mendapatkan free job training selama 1 bulan. Begitu selesai membaca informasi tersebut, dengan rasa ingin tahu akan informasi yang saya dapatkan pada saat itu langsung saya mencatat contact person Mbak Diana dan Mbak Theresa, dimana mereka merupakan salah satu tim penyelenggara kuliah magang kerja XXI di Cristal Indonesia Manajeman yang bertempat di Jln. Kaliurang KM 11,5. Dengan segera saya memutuskan untuk mengikuti kuliah magang kerja dan menghubungi pihak penyelenggara via telepon dengan menghubungi Mbak Theresa untuk menanyakan lebih jelas tentang informasi yang ditawarkan oleh CIM (Cristal Indonesia Manajemen).

Walaupun hari diselenggarakannya Kuliah Magang Kerja adalah bulan puasa, tetapi saya tetap semangat mengikutinya dari hari 1 sampai terakhir. Di hari pertama saya berangkat dari kos menuju kantor CIM, saya langsung di tegur oleh trainer dan Chief Executive Officer (CEO) yaitu bapak Risma Kusumanendra, S.IP dikarenakan penampilan saya yang kurang mendukung dan kurang cocok. Akhirnya pada hari berikutnya saya merubah penampilan saya. Acara dimulai dengan pembukaan yang diresmikan oleh bapak Risma Kusumanendra, S.IP di mana beliau merupakan CEO dari CIM itu sendiri. Dengan mengucapakan selamat datang kepada para peserta kuliah magang kerja dan mengucapkan semoga dalam penyelenggaraan ini dapat berjalan dengan lancar sehingga memberikan anda ilmu dan pengalaman baru dalam mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja secara profesional ke masa depan yang lebih baik dan sesuai apa yang kita inginkan. Materi yang disampaikan kepada peserta yaitu tentang bagaimana membiasakan pola executive, belajar berpenampilan yang baik dan menarik, mengatasi cara kerja secara profesional, mengatur waktu yang baik, dan sukses interview pada saat kita diwawancarai oleh pihak pewawancara.

Dimulai perkenalan dari tim CIM, bapak Risma Kusumanendra, S.IP (CEO), ibu Diana Andriana (Job Training Manajer), ibu Yeti W.Skartikasari (Public Relations & Marketing Manajer), ibu Ariana Mitayani (executive Administration), ibu Tikka Westri Kinasih (Program Director of SPJ). Mereka inilah yang memberikan materi-materi serta langsung dipraktekkan terhadap tiap peserta kuliah magang kerja tentang apa saja yang dipelajari untuk melatih rasa percaya diri untuk menjadi diri sendiri dengan pribadi yang baik juga profesional. Jumlah peserta yang mengikuti kuliah magang kerja pada saat saya mengikutinya yaitu berjumlah 3 orang dari berbagai universitas tetapi dengan satu tujuan, yaitu ingin menambah pengalaman dalam hal yang baru, berimajinasi untuk sukses, dan menjadi generasi muda yang kreatif dan mandiri, serta bertanggung jawab, sehingga menghasilkan generasi yang berjiwa profesional yang mempunyai semangat tinggi. Dalam materi yang diberikan CIM juga memberikan refleksi tantang bagaimana mengeluarkan suara dari dalam perut bukan dari tenggorokan, olah vokal, juga diselingi dengan berbagai permainan untuk refreshing. Yang unik dari training ini yaitu timbul rasa keakraban antara penyelenggara dengan peserta kuliah magang kerja. Di sana juga belajar bagaimana menulis cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, membuat daftar riwayat hidup (curriculum vitae).

Hari ke dua yang dipelajari dalam CIM yaitu bagaimana cara kita berpenampilan yang terbaik (Good Performance) dengan penuh rasa percaya diri, mencocokan keserasian pakaian, cara membawa diri, cara duduk, berdiri, bicara yang baik didepan umum, dan lain-lain.

Pada hari ketiga, kita diajarkan bagaimana cara mempresentasikan sebuah produk jika kita mempunyai sebuah perusahaan yang baru beroperasi terhadap press atau media, konsumen juga rekan bisnis, disini kita juga diajarkan bagaimana cara untuk meningkatkan sebuah perusahaan, yaitu harus adanya kebersamaan antara team, mulai dari Public Relations Director, Marketing sampai kebawahan dalam mencapai suatu keberhasilan yang maksimal. Dari 3 orang peserta, kami menjadi 1 kelompok guna mempresentasikan sebuah produk dalam perusahaan saya dan rekan-rekan saya, untuk mempromosikan sebuah produk baru kepada rekan press atau media agar produk kami dikenal oleh konsumen. Tes praktek interview terhadap peserta saat yang menegangkan seolah-olah saya merasakan secara langsung karena banyak pertanyaan yang muncul dari team pewawancara, hingga membuat saya merasa gugup bahkan sampai jandung berdeub kencang serta telepak tangan basah karena keringat dingin.

Di akhir acara kami diberikan semacam perenungan untuk membayangkan pekerjaan yang kami inginkan, karena sebuah renungan merupakan suatu yang keluar dari jiwa dan pikiran sehingga memunculkan suatu inspirasi yang bisa membuat perubahan dalam diri kita. Pada saat itu saya membayangkan menjadi orang yang sukses dalam berkarir karena tidak menyia-nyiakan waktu yang telah saya dapatkan dan saat itu membanyangkan betapa cerianya raut wajah kedua orang tua saya yang secara tidak langsung mengungkapkan kepuasan dari apa yang telah mereka korbankan seluruh jiwa raga untuk semua permintaan dan kepentingan saya.

Sebelum acara selesai sampailah waktu pembagian sertifikat kuliah magang kerja yang diserahkan oleh bapak Risma Kusumanindra, S.IP selaku CEO nya. Setelah itu saya mendapatkan sebuah penghargaan sebagai the best performance dari 3 peserta.

Semua pengalaman selama workshop Kuliah Magang Kerja XXI sangat berkesan dan tidak terlupakan.(vera)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar